20 February 2012

Sekedar berkata - kata

Membaca novel terkadang membuat saya lupa waktu. Begitu membaca lembaran pertama matahari baru mengeluarkan jurus - jurus teriknya, tak terasa sudah menjelang malam saat saya membaca kalimat penutup. Novel yang bagus biasanya membuat rasa penasaran muncul hingga tak ingin beranjak sampai semua kisah terkuak. Pemilihan kata - kata yang tepat akan mengalir deras hingga tak terasa sudah bermuara di samudera dan akhirnya menemukan kata -tamat-

Kata - kata iyah kata - kata itulah yang membuatmu nyaman duduk seharian; dengan pose yang sama. Sejumlah kata dapat membuatmu menangis, tertawa, marah, rindu, atau hanya senyum simpul.

Linimasa adalah pentas yang penuh kecamuk.
Kata - kata kadang bisa mengagetkan pembaca.
Celakanya, banyak orang meremehkan kata.
Menganggap ia hanya dekor dari sebuah kalimat.
Padahal kata punya sayap.
Ia bisa terbang kemana - kemana,
Jauh dari kepala pelontar dan penerimanya.


-Dikutip dari Pacar-Pecas-Ndahe nya ndorokakung.com @ndorokakung-

Akhir - akhir ini jarang sekali saya membaca novel, padahal begitu banyak list novel yang ingin saya beli. Beberapa penulis favorit saya sudah melahirkan novel baru lagi. Semakin keringat dingin ingin segera beli.

Namun, seiring dengan perkembangan social media yang terkadang membuat saya ber-wah wah wah. Kebiasaan membaca novel itu menjelma menjadi membaca blog tetangga. Blogwalking. Awalnya iseng, hanya ingin mengetahui profil seseorang, karena di situ tercantum link, secara tidak sengaja langsung klik.

Blogwalking ini seru sekali, membuat saya tetap lupa waktu; sama seperti membaca novel. Jika sudah mendarat di blog (blogspot, wordpress, tumblr, website, media apa pun) seseorang, membaca tulisan pertamanya, keduanya, ketiganya, dan seterusnya sampai akhirnya kelelahan atau mengantuk. Semua tulisan yang pernah di posting akan saya baca semua sampai habis. Rahasianya terletak dalam kata - kata. Banyak sekali tulisan - tulisan yang menceritakan kisah dengan tema yang sama; tema cinta. Namun sedikit pula yang menyimpan kesan di hati pembacanya. Bukan karena ceritanya, tokoh di dalamnya, apalagi latar belakang penulisnya melainkan melalui kata - kata.

Kata yang dipilih secara seksama,
seperti pedagang di pasar; dipilihnya dengan cermat mana dagangannya yang masih segar, dibuangnya yang sudah membusuk.
Kata yang disusun dengan rapi,
seperti pustakawan; semua buku diberi label dan di urutkan sesuai abjad untuk memudahkan pembaca mencari buku yang akan dibaca.
Kata yang dirangkai dengan indah,
seperti florist; bunga dengan tangkai panjang akan dipotongnya, disusunnya di vas bunga dengan aneka warna yang mempercantik ruangan.
Kata - kata lah yang melahirkan suatu kisah.

Selain blogwalking ini, saya juga jadi sering mengunjungi situs kamusbesar.com untuk mencari kata - kata yang tersirat atau sekedar menemukan kata - kata yang tersurat. Mencari arti kata atau sinonim dari kata itu juga sama menyenangkannya. Kemampuan Berbahasa Indonesia baik dan benar yang buruk membuat saya betah berlama - lama di sana.


Menemukan sesuatu yang baru itu menyenangkan bagi orang seperti saya; yang tidak menyukai perubahan apalagi perubahan yang datangnya secara mendadak.

Sudah akh, saya mau jalan - jalan lagi .. Jadi, siapa yang mau blognya saya kunjungi hari ini?

No comments:

Post a Comment