Logo NIKE, The Change |
Sebenarnya Event Nike ini sudah berlangsung hampir satu tahun yang lalu, cuma keinginan untuk memposting tulisannya baru muncul belakangan ini. Mungkin, salah satu penyebabnya dikarenakan ada beberapa tawaran nge-EO-in disaat saya sedang (ingin) fokus nge-WO-in. Jelas ada perbedaan yang sangat signifikan antara kerjaan EO dan WO. Apakah perbedaannya itu? Sudah saya singgung di dalam tulisan Enak Jadi Event Apa Wedding Organizer Yah?
Berdasarkan hal itu lantas saya membuka kembali folder foto-foto berlabelkan "event" di laptop yang sudah lama tidak pernah dilirik. Sekedar bernostalgia. Mengingat betapa mengurus event itu proses persiapannya lebih rumit dibandingkan mengurus wedding.
Foto demi foto membawa saya kepada masa-masa yang demikian super sibuk sekali, melelahkan. Salah satunya adalah Event Nike, The Chance.
Tema yang diusung oleh Nike, The Chance ini adalah My Time is Now. Merupakan program tahunan Nike dalam rangka mendukung liga sepak bola di beberapa negara. Melalui proses seleksi yang ketat akhirnya terpilih empat tim sebagai perwakilan dari negara, diantaranya;
1. Indonesia
2. Malaysia
3. Thailand
4. Singapura
Empat tim yang sudah terpilih mendapat kesempatan pelatihan intensif selama tiga hari di Jakarta, Indonesia. Semua biaya ditanggung oleh pihak Nike Indonesia. Dari empat tim -yang jumlahnya dua puluh orang- akan diseleksi lagi menjadi sepuluh orang berdasarkan prestasinya selama masa latihan intensif dan mendapat tiket untuk nonton piala dunia di Barcelona.
Dalam event ini ada tiga EO yang terlibat dengan job desknya masing-masing. Nah, kami dari Idna Creative dipercayakan untuk menangani acara puncaknya saja, yang kebetulan diselenggarakan di beberapa tempat.
Karena goal dari event ini adalah brand awareness dan feel the experience maka poin utamanya lebih menitik-beratkan kepada branding area di lokasi.
Seluruh peserta menginap di Hotel Sultan Jakarta. Kegiatan di dalam ruangan termasuk makan pagi-siang-malam diselenggarakan di Oriental Room, Hotel Sultan. Branding area mulai dari foyer, bangku, hingga ruangan ballroom agar setiap peserta merasakan atmospherenya sebagai "yang terpilih". Coba intip foto-fotonya.
Main Stage Ballroom |
Display & Snacks Corner |
Display Area |
Branding Area Foyer Ballromm |
Branding Area |
Personil The Change from Four Countries |
Beberapa media setia mengikuti perkembangan pelatihan mereka agar tidak ketinggalan berita, tapi tidak diperkenankan untuk wawancara, hanya take picture only. Nah, untuk sesi interview dengan para peserta maupun pihak penyelenggara diadakan di Nike Store, Senayan City.
Display NIKE Store, Senayan City |
Press Conference at NIKE Store, Senayan City |
Sedangkan kegiatan outdoornya di Gelora Bung Karno yang menjadi lokasi puncak acara.
Panggung inilah yang menjadi saksi perjuangan mereka mendapatkan tiket menonton piala dunia secara langsung. Dipandu oleh MC Ben Kasyafani, terpilihlah sepuluh orang beruntung. Salah satunya ada orang Indonesia yang berasal dari Kota Jakarta. Prestasi yang membanggakan.
Main Stage at GBK |
The Competition |
The Winner |
IDNA Creative Team |
Event The Chance, My Time Is Now merupakan event terbesar yang pernah saya handling. Break-down rundown acara saja diperlukan revisian sampai lima-enam kali karena jadwal yang ketat dan pergantian tempat cukup memakan waktu. Semua desain diproduksi di Bandung memerlukan waktu serta cost yang tinggi. Belum lagi birokrasi dengan pihak GBK yang jujur sangat tidak profesional, rasanya hampir setiap penjaga pintu pada minta jatah walaupun sudah ada picnya. Padahal *kalau kalian pernah memasuki seluruh ruangan yang ada di sana* sangat tidak layak, tidak terawat.
Berawal dari iseng melihat foto, mengenang, lalu menuliskannya menimbulkan rasa rindu untuk terjun lagi ke dunia event. Foto-foto itu bercerita banyak hal, mengingatkan kembali cita-cita ingin menjadi seorang Event Manager. Cita-cita yang (sengaja) saya tinggalkan setahun yang lalu.
Dengan adanya tawaran event ini semacam pertanda, apakah saya sudah siap untuk mengambil keputusan. Keputusan untuk memulainya lagi dari nol dan atau meninggalkan apa yang sudah capai sekarang?
Well, apa pun keputusannya mungkin sama seperti taglinenya The Chance ini ... My Time Is Now!
***
Yes, your time is now!
ReplyDeletehay,, kalo ada event the chance lg ajak2 dong buat jadi panitia atau sebagai nya deh.. saya revangga dr mahasiswa FIK UNY.
ReplyDeletethanks :)
Ahahahaaa, iya. Doakan saja ada penawaran proposal lagi yah. :D
DeleteThanks anyway for stop by and comments.