01 August 2013

Puasa Day#22 : Tutut

Tutut Dekat Rumah Epi

Tutut? Pada nanya gitu kan? Iya, beneran ini teh tutut. Keong atuh lah kalo pada engga tau mah (sundanya keluar). Keong kecil atau keluarganya siput atau sekelas bekicot ini banyak ditemukan di area persawahan. Warnanya hijau kehitaman. Paling enak dibumbu kuning. Makannya harus disedot kuat-kuat, kalo sedotan kamu engga cukup kuat minta bantuan garpu, tusuk gigi, peniti, nyuruh pacar atau teman (buat yang jomblo) buat mencongkelnya. Srrooootttttt! :D

Dulu, Mama kalo masak tutut prosesnya lama banget. Direndam berhari-hari dan diganti airnya setiap hari supaya bersih. Binatang ini kadar lendirnya di atas rata-rata, lebay banget deh pokoknya. Setelah itu dipotong buntutnya agar bagian dalam yaitu dagingnya matang saat direbus. Direbus setengah matang lalu disatukan dengan bumbu kuning sampai teng mateng, siap disajikan. Iya, itu dulu! Proses masak yang engga sebanding dengan proses makannya bikin si Mama makan ati. Loh bukannya tadi makan tutut yah? #lah.

Sekarang, tutut banyak dijual di pinggir jalan. Si Mama jadi malas masak padahal kan belum tentu higienis. Kangen juga makan tutut! Kebetulan banget pas tadi sore main ke rumah Evi di dekat rumahnya ada yang jualan. Jadilah kami beli buat menu buka. Kangen terobati!

Ada sensasi tersendiri saat kamu berjuang mendapatkan daging yang nyelip di dalam cangkang. Bibir jadi monyong-monyong seksi aduhai gimana gituh. Belum lagi kuahnya menetes-netes di mulut. Slrrupp.
Apalagi makannya sambil bergosip. Beuh! Makin semangat makin napsu udah.

Note,
Disarankan jangan makan tutut sama gebetan. :D

***

3 comments:

  1. uwahh.. ini jarang di jakarta :O

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi peluang bisnis (ya klo laku) heu :D

    ReplyDelete
  3. Huahahaha noted-nya bener banget deh. Masih jaim kan, kalau sama gebetan :D

    ReplyDelete