08 December 2011

(About) WALK IN INTERVIEW

Hy there .. long time no see yah ...

Udah lama nie ngga ngeblog. Apa kabarnya kalian?  so asik ginih.
Btw, hari – hari kemarin tuh saya di sibukkan dengan kegiatan rumah tangga aka nganggur. Kebetulan banget beli koran sabtu yang banyak menampung iklan lowongan kerja.
Nah, di salah satu kolom itu ada iklan Walk In Interview. Datang langsung pada hari dan jam sekian.

Ini nie yang akan saya bahas.

Sebenarnya apa sie Walk In Interview itu?
Walk In Interview itu jenis wawancara langsung yang di adakan oleh perusahaan. Tidak perlu kirim cv dulu atau janjian. Langsung datang dengan membawa dokumen pribadi kita.
Sempet shock kemarin karena baru pertama kali ikutan yang namanya walk in interview (gue ajah kali yah yang agak norak).


Well, ini ada beberapa tips yang (mungkin) berguna untuk kalian saat akan melakukan walk in interview, diantaranya;

1. Cek Company Profile
Saat kita baca iklan lowongan kerja dan menemukan ada perusahaan yang mengadakan walk in interview. Hal yang harus dilakukan adalah cek dulu company profilnya. Nama perusahaan, jenis perusahaan, produk dari perusahaan, visi dan misi, dll. (google akan membantu).

2. Cek Posisi yang ditawarkan
Perhatikan posisi yang ditawarkan. Apakah jenis pekerjaannya sesuai dengan background pendidikan kita, kemampuan kita, bakat kita dan minat kita. Jangan sampai saat apply posisi sebagai marketing (contoh) kita tidak tahu seluk beluk dan job desk tentang marketing. (nie fatal)

3. Bawa data diri dan kelengkapannya
Ini penting banget, WAJIB bawa CV (Curriculum Vitae) dan surat lamaran lengkap (in English klo bisa biar keren gituh). Lengkapi juga dengan ijazah, transkrip nilai terbaru, foto copy ktp, sertifikat pendukung kalau ada biar menyakinkan. Dan tentu saja foto terbaru.

4. Bawa alat tulis.
Pulpen, pensil, notes (kecil) itu WAJIB. Kadang kala dalam walk in interview disertai juga dengan psikotest. Nah, jangan sampai kalian gagal psikotest hanya karena tidak bawa pulpen!

5. Bawa Minuman (dan makanan kecil)
Jika walk in interview dalam skala besar sudah dipastikan peserta yang datang itu jumlahnya pasti akan banyak. Sebelum pergi pastikan perut dalam keadaan kenyang sehingga kita bisa konsentrasi saat interview berjalan. Menunggu panggilan interview dengan banyaknya peserta pasti akan memakan waktu sangat lama maka dari itu penting banget bawa minuman dan cemilan apalagi kalau punya maag. Hehehee (pengalaman pribadi nie)

6. Penampilan dan Wajah Optimis
Don’t judge the book by it’s cover  nonsense! Dalam hal walk in interview istilah ini jangan pernah dipakai. Percayalah! Penampilan pertama saat interview itu penting banget. Pastikan kamu pakai kemeja terbaikmu yang sudah di setrika rapi. Jangan lupa mandi dan malamnya jangan begadang. Wajah kucel dengan mata panda ngga oke banget untuk interview pertama. (make sure interviewer terkesan saat pertama kali ketemu hingga proses interview berjalan dengan lancar).

7. Tepat waktu
Cek lagi 6 hal di atas. Kalau semuanya sudah oke dan lengkap datanglah tepat waktu. Lebih bagus klo sebelum walk in interview dimulai 15 menit sebelumnya kalian udah di lokasi. Jadi khan nunggunya juga ngga terlalu.

Yah, itu dia 7 hal yang harus diperhatikan saat walk in interview. Ini sie menurut pengalaman pribadi gue ajah.
Semoga bermanfaat yah. Hehehheee
Gud Luck.


Sumber dari sini

No comments:

Post a Comment