15 December 2011

(About) Autis "Temple Grandin"

Kemarin ini lagi main ke rumah kekasih yang kebetulan langganan TV Cable. Hahhah memang dasar udik, sebagian waktu dihabiskan untuk nonton film yang ngga ada habisnya dan ngga ada iklannya. Hehehee.

Saat lagi ganti – ganti channel, ngga sengaja lihat film yang nampaknya lumayan rame karena setting waktunya sekitar tahuan 60an dengan setting country. Ternyata ini sebuah kisah tentang seorang perempuan bernama Temple Grandin yang menyadang penyakit autis.



Di film itu di ceritakan bagaimana perjuangannya mencoba bersosialisasi dengan orang – orang yang menggangap dia aneh atau gila. Temple sangat menyukai bidang sains bahkan dia menciptakan alat untuk menenangkan dirinya sendiri.
Perjuangan gigihnya saat harus menyelesaikan thesis di peternakan sapi yang selalu mengusirnya dari sana. Sebagai penyandang autis, dia bisa melihat dan merasakan hal – hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang normal.

Dia mengerti mengapa sapi melenguh lebih keras dan menghambat proses kerja di peternakan. Usahanya membuat sistem agar peternakan lebih terkendali dan mengurangi jumlah sapi yang mati banyak mengalami kontradiksi. Sampai akhirnya dia menjadi Professor of Animal Science at Colorado State University dan selalu diminta untuk mendesain sistem peternakan di banyak Negara.

Film yang sangat menginspirasi untuk kita (sebagai orang normal), bagaimana mungkin seorang autis mendapat gelar professor, menulis berbagai artikel di berbagai media, dan mengajar di berbagai universitas. Film ini berdasarkan kisah nyata perjalanan hidup Temple Grandin dan diperankan dengan sangat memukau oleh Claire Danes. Lihat profil lengkapnya di sini


Ngomong – ngomong ... apa sie memangnya autis itu?

Autisme itu adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun. Penyebabnya adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.
Detailnya bisa dilihat disini
Atau di sini

Mengapa seorang anak bisa terserang autis itu banyak penyebabnya yang sampai sekarang masih dalam proses penelitian. Banyak sumber yang mengatakan bahwa autis disebabkan karena kurangnya kasih sayang dari Ibu.

Walaupun mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan dunia luar, mereka masih bisa mendengarkan kita dan memiliki ingatan visual yang tajam. Beberapa diantaranya ada yang ahli dalam menggambar, matematika, musik, dan sains.

Ini list beberapa novel/film tentang autis yang sudah saya baca dan saya rekomendasikan untuk kalian baca (jika memang tertarik :D),

1. The Curious Incident of The Dog in The Night-Time by Mark Haddon
2. A Child called IT by Dave Pelzer
3. The Lost Boy by Dave Pelzer
4. A Man Named Dave by Dave Pelzer
5. Dinding Dinding Kaca by Howard Buten
6. Dunia di Balik Kaca by Donna Williams


Beberapa film yang menceritakan tentang autis,
1. Temple Grandin
2. A Beautiful Mind
3. My Name is Khan
4. Mercury Rising
5. Bless The Child
6. I am Sam



Well, sebenarnya ada banyak buku/novel/artikel/film yang menceritakan tentang anak autis selain list di atas.
Entahlah membaca atau menonton tentang anak autis itu merupakan pelampiasan dari obsesi masuk psikologi (gagal ujian saringan masuk sie :P).

Ayo, silakan listnya ditambahkan .. siapa tahu ada buku yang kalian sudah baca dan ngga ada di list saya.

Terima kasih sudah mampir.

No comments:

Post a Comment