22 June 2013

Pohon Mangga



Adalah akar bagian pokok di mana pohon berpijak. Menjadi sebuah fondasi yang menyokong serta memperkokoh dirinya. Menyerap air dari dalam tanah. Layaknya kita, manusia menyerap segala pengetahuan yang ada di sekitar.

Adalah batang bagian terpenting dari pohon. Berperan sebagai jalur pengangkutan zat-zat makanan agar dirinya terus tumbuh menjulang tinggi ke arah matahari. Layaknya kita, tubuh manusia yang memerlukan energi untuk dapat terus bertahan hidup dan mengarah pada satu cahaya, satu tujuan, apapun itu.

Adalah cabang bagian dari batang yang memperluas ruang pertumbuhannya. Layaknya kita, manusia berteman, bersosial, berkomunitas, berbagi pengetahuan dan informasi.

Adalah daun organ terpenting dalam pertumbuhan pohon. Berfungsi penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis. Mengeluarkan oksigen yang kita hirup sehari-hari. Layaknya kita, manusia sebagai individu yang mempunyai peranan secara sadar atau tidak bagi individu lainnya.

Adalah buah hasil akhir pada perkembangan tumbuhan. Layaknya kita, sebagai manusia apakah sudah menghasilkan sesuatu yang berguna untuk kehidupan ini?

*

Tulisan ini hanyalah sebuah perenungan saat usia sudah genap dua puluh delapan tahun namun masih mempertanyakan, sudahkah saya menghasilkan buah? Sudahkah orang-orang di sekitar saya memetik dan menikmati buah itu? Sudahkah?

Saya ingin menjadi pohon mangga yang tumbuh di pekarangan rumah. Setiap tahunnya selalu menghasilkan berkarung-karung mangga ranum yang dapat dinikmati oleh saya sendiri, keluarga, para tetangga, dan teman-teman.

***

4 comments:

  1. Welcome to 28, Tante! Moga makin menginspirasi dan berbuah LEBIH. God speed! *smooch*

    ReplyDelete
  2. Iya, huhuhuuuuuu. Thank u for ur lovely song :D

    ReplyDelete
  3. pertanyaan selalu muncul di kepala dan semoga waktu tidak terlalu lama memberikan jawabannya. selamat bersabar, eva.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sabtu yang selalu pahing. Padahal aku lahirnya sabtu pon :D #halah makasih yah :)))

    ReplyDelete