17 July 2010

Kisah Baby Sitter


pernah ga kalian makan ato sekedar jalan2 ke mall?? hampir semuanya bilang "PERNAH" malah sebagian bilang "SERING". Yah oke sebagian kecil juga bilang ga pernah.. setidaknya pernah kan datang ke mall walopun itu cuman numpang parkir ato numpang ke wc karna darurat hasrat kebelet.

yah kalo ga ke mall, pas makan di restaurant ato lagi browsing di factory outlet ... kalian pasti bertemu anak kecil plus baby sitternya.

kembali ke topik tentang baby sitter, akhir2 ini saya sering banget menjumpai mereka, berpapasan, malah sempet ngobrol-ngobrol ngarol ngidul dengan mereka ehmmm dengan dia. (kalo mereka kan kesannya banyakkan gitu).

ada satu dua hal bahkan banyak hal yang membuat saya tertarik dengan profesi mereka. sebenarnya profesi sebagai baby sitter tidaknya semenarik jadi divisi event (tetep eksis hehehe).
saat kalian berpapasan mereka ditengah jalan, kalian pasti tahu nie orang kerjanya jadi baby sitter karena seragamnya, btul ga??? (BETUL).
Seragam yang identik dengan warna pink pastel dan putih. entah kenapa warna yang dipilih berkisaran warna pastel karena waktu itu saya juga melihat yang pakai warna biru ...? mungkin ga mau disamain sama suster n dokter yang udah putih-putih kalie yeh ....

jumlah mereka bertambah banyak saat hari libur. berdasarkan observasi 2 hari (sabtu-minggu) di 2 mall yang berbeda, lalu timbul keinginan untuk analisi lebih lanjut, maka dari itu saya ngajak ngobrol beberapa diantara mereka. (sebenarnya gw udah mati gaya diem di mall nunggu jam 1 dari jam 11).

saya bertanya: "siapa namanya?" ke anak kecil yang lagi main kereta api tut tut tut siapa hendak turut ...

dia menjawab: "siska" jawab baby sitter itu sambil nyuapin anak kecil yang tampaknya udah kenyang padahal nasinya masih banyak.

saya bertanya lagi:"hy siska .... suka main kesini yah?" (kesini itu artinya arena permainan yang suka ada di mall -pesan sponsor ga boeh nyebutin klien- sebut aja GM)

dia menjawab:"suka banget ... tiap sabtu dan minggu" lagi-lagi yang menjawab baby sitternya.

(jangan-jangan yang namanya siska itu baby sitternya bukan anak kecilnya????!!!!)

tiba-tiba datang anak kecil lagi dengan baby sitternya.

baby sitter 1:"kom, udah datang dari tadi??? aku baru datang e, yang lain mana???" (logat jawa)
baby sitter 2:"udah dari tadi, nie nasinya juga udah mau habis, siti blum keliatan!"
baby sitter 1:"ooo ... yo wes aku tak suapi si kecil dlu disitu yok, mari mba!" (mba ditunjukkan ke saya)

baby sitter 2:"itu namanya mintun, dia udah lama jadi baby sitter. pengalamannya banyak. saya juga kadang2 suka tanya-tanya sama dia"

eva:" ouhhhhhh gituh ..... (kok tiba2 curhat???) klo mba udah lama jadi baby sitter?"

baby sitter2:"ouh saya baru 2 tahun...."

eva:"(menelan ludah 2 tahun itu baru yah ...) repot yah ngurusin anak kecil??? soalnya saya ngga suka anak kecil, mba?"

baby sitter 2:"yah namanya juga kerjaan ... yah harus dinikmati aja, mba. saya cuman mandiin, suapin, anter jemput, nemenin dia main-ngerjain peer-nonton-tidur doak kok"

eva:"(terpana sekejap .... ) ehmmmmp,mank mamanya kerja yah jadi ga sempet ngurusin?"

baby sitter 2:"ngga!"

eva:"HAH!!!!! NGGA KERJA!!!! TRUS KENAPA ehmmmp trus kok pake baby sitter ... biasanya kan klo orang tuanya kerja baru pake baby sitter??"

baby sitter:"saya juga ga tau,mba. saya kira waktu itu mamanya kerja tapi tiap hari ada dirumah terus. eh, siti kok baru datang. tuh mba mintun ada disitu....(menyapa baby sitter yang baru datang).
mba, saya permisi dlu mo kesana. kita bertiga suka ngumpul bareng disini trus ngobrol2 gitu"

eva:"ouhh iya" !@#$$#@!!

gila, nie baby sitter udah sering ketemu di mall yang membuat mereka saling mengenal satu sama lain. bahkan para majikannya aja belum tentu saling mengenal seperti mereka.
walopun tugas mereka sebagai baby sitter tak jarang mereka juga merangkap sebagai asisten majikannya.

properti baby sitter:
1. tas gendong yang isinya: botol susu, kaleng susu, termos kecil, tupperware isinya makanan, tupperware isinya biskuit, sesetel baju ganti, pempers, mainan.

2. tas majikannya yang isinya ehmmp ga usah gw sebutin kalie yeee (kebayang ga sie udah bawa tas gendong dengan seperangkat isinya dia bawa tas majikannya juga yang rata2 gede gituh).

3.hp. (bukan maksud mo gaya tuh, cuman kalo misah kan gampang nyarinya ga usah ke meja informasi untuk lapor kehilangan).

4.belanjaan sang majikan. (ck..ck..ck.... udah bawa ini-itu masih harus bawa belanjaan juga karena tak jarang sang majikan sekalian belanja bulanan sendirian ... mungkin klo sang suami ikut si suami yang bawa ... sang suami sudah memprediksikan kejadian ini jadi dia memilih ga ikut dan tugasnya diembankan kepada baby sitternya).

5. samping (istilah kampungnya). dia selalu mengendong anak asuhnya ... klo udah bisa jalan sie yah ga usah digendong. berat kali, mba.



* coba dech perhatiin sendiri prilaku baby sitter ini .... banyak hal unik yang bisa kalian temukan dan mungkin bisa jadi bahan pembelajaran. makanya klo jalan2 jangan cuman perhatiin cowo-cewe cakep doank ...... hehehehehew




3v@_cute
20 Des 09

No comments:

Post a Comment