01 November 2017

Tips Agar Tidak Perlu Mengantre Lama di Pemeriksaan Imigrasi Bandara

Tips ini membahas mengenai pemeriksaan di imigrasi bandara agar Anda bisa melaluinya dengan lancar. Anda tidak mau kan, ketika sudah sampai di imigrasi bandara, Anda batal terbang karena alasan yang kurang jelas. Dan ternyata, petugas imigrasi memang memiliki hak untuk menolak atau menerima warga asing berkunjung ke negaranya.

Foto dari sini

Pemeriksaan imigrasi bandara seringkali membuat malas calon penumpang, karena prosedurnya agak panjang. Termasuk pemeriksaan detail barang. Barang di dalam tas yang sudah ditata baik lantas dibuka kembali. Namun, itu semua memang untuk kebaikan bersama. Karena itu, untuk melewatinya dengan cepat dan lancar, Andasebaiknya memperhatikan hal-hal yang penting, jangan sampai ada yang terlupakan.
Tips agar tidak perlu mengantre lama di pemeriksaan imigrasi bandara, apa sajakah itu?

Siapkan dokumen penting
Dokumen penting untuk melakukan penerbangan bermula dari paspor, visa, tiket berangkat dan pulang, pemesanan tempat menginap atau surat pengantar. Bisa dari sekolah karena pertukaran pelajar, bisa juga karena perjalanan bisnis dari perusahaan atau beasiswa.
Jadikan satu dokumen tersebut, baiknya juga buat duplikatnya agar aman untuk berjaga-jaga. Persiapkan semuanya dengan baik dan hafalkan, agar jika Anda ditanya langsung bisa menjawab tidak perlu mencari letak di mana tiket Anda, dan di mana surat perjalanan bisnis Anda. Sekali tidak bisa menjawab, petugas akan mulai merasa curiga.

Patuh dengan apa yang disampaikan petugas imigrasi
Ketika jawaban Anda benar, sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh petugas, tetapi petugas masih merasa belum puas dengan jawaban Anda, jaga emosi Anda. Banyak sekali petugas bandara yang memang terlihat judes dan galak, padahal sebenarnya mereka ramah, hanya saja karena harus menjalankan tugas mereka bersikap tegas.
Pertanyaan yang dilontarkan petugas ialah pertanyaan pada umumnya, misalnya berapa lama Anda berlibur, tujuan perjalanan Anda ke mana, tempat menginap Anda dimana, tetapi tidak menutup kemungkinan petugas bertanya hal lain diluar dugaan. Jadi persiapkan diri sebelum memulai perjalanan.

Jaga penampilan dengan sopan dan baik
Hindari memakai kacamata hitam atau topi yang bisa menutup sebagian penampilan Anda termasuk earphone, ketika Anda memasuki imigrasi bandara. Dikhawatirkan Anda tidak bisa menangkap dengan baik apa yang ditanyakan. Taruh sebentar aksesoris yang Anda kenakan untuk sejenak, karena bisa saja petugas akan merasa perhatiannya tercurah lebih untuk penampilan Anda yang agak nyentrik.
 Hindari memainkan gadget di depan petugas, karena dapat membuat petugas merasa Anda tidak menghargainya. Sebisa mungkin Anda fokus dengan apa yang disampaikan oleh petugas imigrasi, hindari kegiatan lain seperti mengetik dan melihat ke arah lain.

Mengantre di jalur yang sudah disediakan
Jangan pernah mendahului orang yang sudah antre lebih dahulu, uapayakan Anda bisa tertib mengantre. Usahakan jangan mengobrol terlalu asyik ketika mengantre di pemeriksaan imigrasi bandara. Bisa jadi karena terlalu asyiknya mengobrol, counter yang kosong jadi menunggu Anda terlalu lama. Kasihan juga yang sudah menunggu lama dan sedang terburu-buru melakukan perjalanan.

Buka pasport holder Anda

Paspor merupakan dokumen penting saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri, kita wajib menjaganya dengan baik. Apalagi kalau kita memberikan selubung paspor atau cover paspor yang melindungi paspor kita dari kerusakan, hilang atau kena air. Jika Anda melakukan pemeriksaan di imigrasi bandara, akan lebih baik dibuka dahulu selubungnya agar petugas bisa memeriksa paspor, boarding pass, danKTP dengan mudah. 

2 comments:

  1. Jangan lupa senyum seperlunya, walaupun petugas imigrasi bandara biasanya pelit senyum bahkan terkesan jutek =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, yang paling panting adalah senyum :)

      Delete